}

Wednesday, 2 December 2015

PIZZA MINI OLEH DYNA EDNA DARI GROUP ARKME

lagi" pizza mini.. yang mau nyoba..
500gr terigu
4 sdm gulpas
2 sdt fernipan
4 sdm mentega
300 ml air es
toping"
sosis,jagung,keju,saos tomat.
campur terigu,gulpas,fernipan, tambahkan air es,aduk2 tambahkan mentega,dan sejumput garam,uleni sampai kalis.
tutup lap basah,diamkan kira"2 jam sampai ngembang.
kempiskan adonan, bentuk bulat" siapkan loyang,olesi mentega,pipihkan adonan.tusuk" pake garpu. diamkan 30 menit agak ngembang,olesi toping, panggang_ matang.

BOLKUS MEKAR OLEH ADEL KOPA GROUP ARKME

Bolkus mekar 2221
Bahan
200 gr trigu
200 gr gulpas (q pke 150gr)
200 ml air
1 btir telur
Vanili secukupnya
1/2 sdt sp
Semua bahan dimix kec tinggi 15 menit..masukan cetakan yg beralskan kertas cup ,kukus 15 menit
Nb: kalo mau diberi pewarna, sisihkan sedikit adonan lalu beri pewarna

RESEP PUDING LAPIS SURABAYA
Gambar dibuat oleh Refayola Lundy

Puding lapis surabaya resep by bunda hanin n makasih ya bun...pudingnya yg cantik dan rasanya yg enak memang pas d kasi jempol dh....resep menyusul ya bun....Puding lapis surabaya
By bunda hanin
Bahan 1
I L susu cair
1 gelas belimbing gula pasir
2 bungkus agar agar bubuk plan
1 sdt garam dapur
50 gr DCC
Bahan 2
2 butir kuning telur
4 pewarna kuning
1 sch susu kental manis
1 sdt pasta vanilla
Bahan 3
Pelapis =
1 gelas belimbing air...aq pk 500ml
1/2 bungkus agar agar coklat...aq pk 1bngks
5 sdm gula pasir ...aq pk 10 sdm
Cara buat...
1...didihkan bagan 1 sampai mendidih, matikan api diamkan di atas kompor, bagi adonan menjadi 2 yg 1 adonan ditambah Dcc ya
2... Kocok bahan 2,saya menggunakan garpu lalu ambil sebagian bahan 1 masukan ke bahan 2,setelah tercampur masukan bahan 2 ke bahan 1 dan aduk
3.... Masak bahan 3 sampai mendidih
Setelah ke 3 adonan siap lapisan bawah tuang agar agar pelapis, setelah padat tuang puding kuning, setelah agak keras tambah puding pelapis, setelah keras tambah puding coklat dan ulangi kembali
Tips"...
Agar lapisan rapih dan merata gunakan gelas ukur atau pakai sendok sayur
Jika puding 1 mulai mengeras panaskan dengan api sedang sebentar
Ketebalan di sesuai kan dengan selera ibu ibu ya mau tebal atau tipis...
Bisa juga di buat sepeerti lapis legit dengan lapisan yang tipis"

Wednesday, 28 October 2015

KAMU SERING MENYONTEK??

Tau gak apa yang terjadi, saat kamu ingin menyontek?
ada temen yang mau memberikan jawaban, tapi kadang jawaban yang diberikan salah (gue ga percaya ame yang beginian)
ada teman yang pura-pura tuli, pura2 buta,pura2 ga ada jawaban
ini sih pengalaman teman gua

karena sebenarnya aku paling malas untuk menyontek
pertama, buang-buang waktu
kedua, jawabanannya kebanyakan salah
ketiga, nilai teman gua bisa lebih tinggi
keempat, mereka pelit2 ngasih jawaban lah, mending gua belajar(ini otak aku)
kelima, kata guru gua tolong menolong itu yang bener, bukan pada saat menyontek
keenam, gua bangga dengan hasil jerih payah sendiri
ketujuh, jujur itu lebih elegant dari pada lo harus mencuri jawaban teman
kedelapan, gua paling males mengemis minta jawaban sama teman (eh udah)

Kapan Anda terakhir menyontek jawaban saat belajar. Pastinya saya lupa kapan hal itu terakhir sy lakukan mungkin pernah, mungkin tidak. Pastinya nilai UAN SD, SMP, SMA, dan kuliah saya merupakan hasil dari kerja kerasa saya sendiri dari belajar.

Kondisi saya pada saat itu tidak memungkinkan untuk menyontek,secara teman-teman saya pelit memberikan jawaban dan secara saya juga tidak banyak teman. Apalagi tes untuk memasuki kuliah postgraduade mana ada kesempatan untuk itu, masuk universitas dan uan. Hal yang saya puas saat uan mata pelajaran bahasa arab dengan nilai nyaris sempurna 100 karena salah satu dan semua itu hasil dari belajar saya, Justru yang terjadi adalah teman-teman saya yang sering meminta jawaban kepada saya.

Disinilah saya belajar ketegasan untuk tidak memberikan jawaban, tetapi nyata saya tidak mampu melewati itu, yang saya lakukan adalah malah memberikan jawaban. Itulah ketidakmampuan saya pada saat SMA waktu itu.

Bagi saya memberikan jawaban kepada teman merupakan sebuah kerugian besar bagi saya. Karena saya khawatir nilai saya akan lebih tinggi daripada dia. Kalaupun saya menyontek jawaban teman yang terjadi adalah saya tidak meyakini jawaban teman.

Mau tidak mau saya harus belajar keras untuk bisa mempertahankan nilai meskipun itu sesungguhnya sangat lelah, tetapi kata Imam syafi'i lebih baik mengalami kelelahan dalam belajar daripada Anda harus menderita dalam kelelahan kebodohan.

Belajar itu adalah kebutuhan, seperti rasa haus dan lapar jika tidak diberi asupan maka dia akan kelaparan dan tidak bekerja sebagaimana mestinya.

ok, ini coretan aku hari ini.Negeri P yang ketiga, 29 oktober 2015


Monday, 26 October 2015

Mengapa Kita Harus Memaham Diri



Mengapa Kita Harus Memaham Diri
Tulisan ini merupakan awal bagi saya yang sebenarnya merupakan inspirasi dari sedikit hasil pemikiran saya dan apa yang pernah saya baca.
Apa itu Memahami Diri
Pertanyaan yang muncul terkait dengan pemahaman diri , siapa saya?,apa kelebihan dan kekurangan saya? Untuk apa saya hidup?, mau kemana saya hidup? Dan bagaimana saya hidup. Itulah sekelumit pertanyaan seputar pemahaman diri.
Memahami diri berarti paham dan lebih dari sekedar mengetahui.Dalam kamus arti kosakata bahwa paham itu artinya pengetahuan banyak, mengerti benar (akan) dalam hal ini mengerti akan diri. Kemudian ketika kata paham tersebut diberikan awalan dan akhiran menjadi memahami yang artinya  mengerti benar (akan)atau mengetahui benar akan dirinya.
Apa pentingnya kita memahami diri
Ketika kita mengetahui dan memahami diri , maka
a.      secara otomatis kita akan menyadari tentang kemampuan kita sendiri
b.      mengetahui kelemahan dan kelebihan diri kita sendiri
c.       mengetahui bagaimana caranya bertindak
d.      mampu mengambil sikap tentang bagaimana seharusnya bersikap terhadap orang lain
e.      mengetahui bagaimana cara belajar
f.        mengetahui bakat dan minat sendiri
g.      mudah menentukan sikap dalam karier
h.      memiliki kepekaan diri terhadap orang lain
i.        memiliki kepekaan diri terhadap Tuhan yang pastinya akan membantu anda meningkatkan keimanan
j.        mampu menentukan masa depan
Bagaimana kita bisa memahami diri
Dalam jendela Johari (Johari Window) bagaimana cara kita mengenal diri bisa dengan konsep Johari Window dimana dalam mengenal diri kita ada yang disebut dengan pertama jendela terbuka, sifat dan sikap yang  diketahui oleh orang lain secara umum. Kedua, jendela tertutup seperti isi perasaan, kebiasaan kita sendiri saja yang tahu, Ketiga,jendela buta kita tidak tahu tentang diri sendiri tapi orang lain tahu. Keempat, jendela gelap mengenai diri kita, kita sendiri maupun orang lain tidak tahu.
Mengapa kita harus memahami diri
Memahami diri adalah hal yang substansial dalam hidup ini karena disinilah kita bisa memikirkan dan menyelami diri dan kehidupan. Mau apa kita, kemana, mau seperti apa kita hidup, bagaimana hubungan kita dengan Tuhan dan lain sebaginya. Memahami diri dapat dilakukan dengan sering berdialog dengan diri kita sendiri, berkompromi dengan diri, membuka diri dengan diri (jiwa). Ketika kita sudah mampu berkenalan dengan diri, menyelami diri, maka kau pun akan melesat di alam dunia tanpa kau sadari.

Demikian tulisan singkat dari saya hari ini. Mohon berikan kritik dan saran atas tulisan pertama saya ini. Semoga bermanfaat. ^^ ..ingin berkomunikasi dan berdiskusi dengan saya silakan email saya di kumalasari443@gmail atau whatsapp 085215568772, semoga kita menjalin silaturrahim.


Sumber:
www.artikata.com



Monday, 15 June 2015

BROS CANTIK MURAH, SIMPLEBROS

Tema aksesoris ini adalah Bros Lotus, simple dan bisa dibawa kemana-mana, bisa untuk skeolah, ngaji, mall, tidak begitu ramai (simple)
Open order bunda
Mau 50rb dapat 12pcs
Atau 50rb dpt 7pcs
Atau 50rb dpt 20pcs.
Bebas pilh warna n desain
#broslotussimple


tertartik untuk dijadikan souvenir pernikahan, dengan harga murah yuk hubungi kami. ^^

087816364133/@line Rumah Annisa

Monday, 8 June 2015

BUKU ANAK-ANAK MURAH FULL COLOUR DAN BUKU SECOND

Bunda yang ingin Anaknya pintar membaca sejak dini, yuk kita tanamkan hal-hal kecil dari sekarang. Kami menyediakan buku-buku terbaik dan murah untuk anak-anak Anda.
Bermacam seri:
1. Seri Nabi
2. Seri ilmu pengetahuan
3. Seri Binatang
4. Seri balita pintar
5. Seri karton

Stock terbatas, harga cuman Rp.10.000 berlaku sampai bulan Juni ini. Bulan Juli harga sudah naik Bunda, ayo yang mash harganya turun yuk dibeli mulai sekarang. BELI 5 dipotong harga 2.000 beli 10 dipotong 3.000 dan kelipatannya. untuk versi kartoon harga 12.000 Yuk ORDER SEKARANG,SEBELUM HARGA NAIK..

                                                     harga 10.000 sampai bulan juni 2015

Nah, kalo yang ini harganya cuman 25.000 untuk semua judul kondisi barang second Bunda..
                                                           buku kinanthi murah Rp.25.000
                                                              buku lampau Rp.25.000
                                                               buku Juliet Rp.25.000
                                                             Little Stories Rp.25.000
                                                              Mitologi Yunani Rp.25.000
                                                        Sastra Di Tapal Batas Rp.25.000
                                                             The Japanese Rp.25.000

Kami menyediakan berbgai macam buku dengan harga yangsangat terjangkau, bagi Anda skeolah yang berminat untuk mencari buku-buku Anak-anak dan juga mata pelajaran silakan menghubungi kami. Stock Terbatas ya..
untuk pemesanan silakan menghubungi/sms 0852 15568772/ 087816364133
Jangan lupa like fanfage kami di Rumah Annisa
salam semua
terimakasih banyak





Tuesday, 26 May 2015

CARA MENGETAHUI TIPE BELAJAR ANAK



1.       Jika menghadapi ulangan anak Anda
a.       Membaca catatan yang telah ia buat, membuka kembali text book serta memperhatikan diagram atau gambar yang berkaitan dengan materi yang  diujikan
b.      Meminta Anda untuk memberinya pertanyaan tentang materi yang dipelajari
c.       Membuat ringkasan berupa diagram atau gambar (misalnya mind mapping)
2.       Jika mendengar music atau lagu yang ia sukai, biasanya akan
a.       Menghayati lagu yang ia dengar (seperti memejamkan mata, melamun, dsb)
b.      Bergumam mengikuti lagu
c.       Bergoyang mengikuti irama lagu
3.       Jika menghadapi banyak tugas, maka anak Anda akan
a.       Membuat daftar tugas dan menentukan prioritas mana yang akan ia kerjakan terlebih dahulu
b.      Membicarakan dengan Anda atau temannya apa yang sebaiknya ia lakukan
c.       Membuat daftar tugas dan kemudian menuliskan cara-cara ia akan menyelesaikan tugas-tugas tersebut
4.       Apa bacaan favorit anak Anda
a.       Komik atau buku cerita dengan banyak gambar
b.      Buku-buku misteri dengan banyak percakapan di dalamnya
c.       Buku apa saja yang menarik hatinya. Terutama jika isi buku itu adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ia cari (misal buku tentanng bagaimana memenangkan game online)
5.       Mobil remot kesayangannya rusak, Maka ia akan
a.       Membaca buku petunjuk untuk memperbaiki
b.      Mendatangi teman-temannya (Anda) untuk meminta tolong meperbaiki bersama-sama
c.       Membongkarnya dan berusaha memperbaiki sendiri
6.       Jika mengajaknya kesebuat tempat permainan baru, maka ia akan
a.       Melihat-lihat sekeliling terlebih dahulu, mengamati petunjuk permainan. Dan barulah ia memilih salah satu permainan
b.      Bertanya kepada petugas penjaga dan memintanya memberi saran permainan mana yang paling asyik untuk dimainkan pertama kali
c.       Langsung mencoba permainan yang dianggapnya paling menarik
7.       Kegiatan (ekstakulikuler) yang ia sukai?
a.       menggambar, membuat prakarya
b.      music
c.       olahraga
8.       Apa reaksinya saat ia merasa bahagia?
a.       Santai dan hanya tersenyum lebar
b.      Berteriak kegirangan
c.       Melompat-lompat senang
9.       Jika Anda bertanya suasana kelas di hari pertama ia masuk sekolah, kira-kira apa yang akan ia jawab
a.       Menggambarkan apa saja yang ada dikelas, berapa orang yang ada di dalamnya, namun ia tak  mampu menyebutkan nama meski seseorang baru yang duduk disebelahnya
b.      Ia dapat menggambarkan suasana dengan baik, namun ceritanya lebih terfokus kepada siapa saja teman barunya seperti apakah ia.
c.       Hanya bercerita keadaan dan perasaan dirinya saja
10.   Jika mendapat tugas untuk bercerita tentang pengalaman liburannya, maka ia akan
a.       Menuliskannya dengan lengkap dan detail
b.      Menawar atau berkata “langsung cerita saja, ya bu”
c.       Focus ceritanya lebih kepada apa yang ia lakukan selama liburan
11.   Hal yang paling dapat menggangu konsentrasi anak?
a.       Gambar atau apa saja yang melintas di depannya
b.      Aneka suara
c.       Perasaan seperti lapar, haus, cemas, dsb

Banyak A: Visual
Banyak B: Audio
Banyak C: Kinestetis





Wednesday, 20 May 2015

PUDING COKLAT ISI VLA 🍮
By.cici azri
Bahan vla
400 ml susu cair
100 gr gula pasir
1 sdt vanilla extract
1 btr kuning telur
2 sdm tepung jagung

Bahan puding
600 ml susu cair
150 gr gula pasir
2 btr kuning telur
1 bks agar2 putih
80 gr coklat bubuk
3 sdm skm coklat
CARA
Didihkan susu,gula,vanilla hingga mendidih
Masukan larutan tepung jagung
Aduk cepat ,matikan api
Ambil 3 sdm susu panas Kocok dengan kuning telur
Masukan kembali ke dlm susu Aduk cepat,nyalakan api dan Didihkan sebentar hingga kental
Matikan api ,dinginkan vla
Campur semua bahan puding,masak hingga mendidih
Matikan api,ambil sedikit adonan campur dengan kuning
Telur,aduk cepat danmasak Kembali sebentar
Cara cetak
Masukan sedikit adonan kedasar mangkuk
Biarkan setengah beku
Masukan lg adonan hingga setengah mangkuk lalu tekan
Dengan cetakan talam biarkan beku
Angkat cetakan talam
Isi lubang yg ada Dengan vla
Tutup dengan adonan puding

 sumber :group arkme

Tuesday, 19 May 2015

PROSES PENCIPTAAN MANUSIA

** SUBHANALLAH, MENAKJUBKAN! **


"Video Proses Penciptaan Manusia dari Awal hingga Akhir"


Tahukah anda?

1.400 tahun silam, ketika teknologi manusia belum mampu melihat apa yang terjadi di dalam rahim seorang ibu,

Allah berfirman dan menjelaskan dengan sangat rinci tentang bagaimana proses penciptaan manusia dalam Al Quran surat Al-Mu’minun 12-14:

- Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).
- Kemudian, air mani itu kami jadikan ‘alaqah.
- Lalu ‘alaqah itu Kami jadikan segumpal daging,
- dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang,
- lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging.
- Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain…

Urutan demi urutan itu disebutkan dengan sangat jelas dan sempurna tanpa terbalik dan tanpa satupun kesalahan..

Para ilmuan di bidang kedokteran yang di bantu teknologi sekali lagi membenarkan firman Allah sang maha pencipta...

Ini adalah video citra yang dihasilkan komputer atau computer-genera
ted imagery (CGI) yang diunggah di Youtube pada Sabtu (3/11/2012)

Video ini memberi gambaran kepada kita mengenai apa yang sebenarnya terjadi selama kehamilan.

Kebesaran Allah dan keajaiban kehidupan akan terungkap tepat di depan mata kita.

Kita akan melihat kala bayi menjelma dari sebuah telur menjadi bayi dewasa yang siap untuk memulai hidupnya.

Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kebesaran) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar. Tidak cukupkah (bagi kamu) bahwa Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu? (Q.S. 41: 53)

===============

SUBHANALLAH !!!

Yuk Bagikan video ini...

Sebuah video yang menakjubkan yang bisa kita bagi dengan orang-orang tersayang kita sehingga mereka dapat memahami kebesaran Rabb semesta alam dalam proses penciptaan manusia.

Klik SUKA dan komentar SUBHANALLAH lalu BAGIKAN dengan Ikhlas.

=================

  repost oleh
Rumah Annisa

Monday, 18 May 2015

MARTABAK KENTANG DAN AYAM

Resep di ambil dari Group ARKME oleh bunda Tutty Fruty. Menurut saya, dia pakar dalam memasak, bahan biasa jadi luar biasa, dari bahan seadanya , rasanya mantap tak terkira
yuk kita intip resepnya dari Bunda Tutty Frutty.

-Martabak Kentang & Ayam-
by Tutty Frutty
*Bahan Kulit;
Telur 1 butir
Terigu 65gr/4sdm
Sagu/Kanji 110gr/4sdm
Air 150 ml/15 sdm
Garam sedikit saja
*Bahan isi;
Daun Bawang 4 lbr di iris2
Ayam Rebus 50gr di iris2
Kentang Rebus 100gr/2bj di iris2
Bawang Putih 2 siung di cincang
Bawang Bombay 1/2 di cincang
Lada Bubuk 1/4 sdt
Ketumbar bubuk 1/2 sdt
Garam 1/2 sdt
Telur 1 butir
*Cara Membuatnya;
-campur & aduk rata semua Bahan Isi
-campur semua Bahan Kulit & aduk rata sampai licin seperti kulit Risol
-Panaskan Penggorengan dengan Api Kecil & beri sedikit Minyak Goreng
-Tuang semua Adonan Kulit,bentuk Dadar yang Lebar,jika sudah berubah warnanya,Tuang Adonan Isi di Tengahnya,Lalu Lipat seperti Amplop,lalu tambahkan Minyak Goreng agak banyak,bolak-balik supaya matangnya rata
-jadi 12 Potong


Sunday, 3 May 2015

TOTURIAL HIJAB

toturial hijab, jangan lupa harus menutup dada ya..n visit our fb Rumah Annisa


Wednesday, 22 April 2015

SETETES SPIRIT DARI SEORANG IBU

Kali ini saya akan berbagi cerita dari buku yang saya baca, semoga cerita ini bisa memberikan setetes semangat untuk kamu yang lagi ciut hatinya, lemes geraknya, bahkan cuman berkulai di dalam cengkraman masa lalu

jadi menurut Syaikh 'Aidh Abdullah Al Qarni bahwa diantara kesalahan kita adalah kita terlalu merindukan kematian daripada membangun kehidupan. Artinya kita ingin meninggalkan dunia yang fana ini tanpa mau membangunnnya.

ada sebagian orang yang begitu mencintai kematian, memikirkan kapan datangnya kematian, dan yang lebih parahnya adalah memiliki keinginan untuk bunuh diri, seakan-akan hidup ini begitu menghimpit meskipun bekal untuk ke negeri akhirat hanyalah sedikit. Tak sepantasnya kita meminta kematian jika perbekalan kita masih seperlunya, ibadah ala kadarnya, jadi lebih baik perbanyaklah bekal untuk menuju kematian menuju kepada Allah swt (nasihat untuk saya)

jika, ada diantara kita pernah berpikir seperti itu maka sesungguhnya jiwa kita mungkin sedang sakit. Lalu, bagaimana caranya agar spirit kita tak mudah sakit.

SPIRIT SEMANGAT
kita tidak akan merasakan sakit ketika kita fokus untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Namun ketika kita memikirkan diri kita sendiri, bersiap-siaplah kita akan lebih banyak merasakan sakit daripada senang dan bahagia.

jadi, ceritanya. Ibu ini baru saja pulang dari pasar. Namun, ketika smapai di depan rumahnya, dia melihat pemandangan memilukan. Rumah yang ia tinggalkan terbakar! Tiba-tiba dia teringat. Anaknya yang baru berumur tujuh bulan berada di dalam rumah itu! bergegas sang ibu berlari secepat-cepatnya. Belanjaan di tangannya di lemparkan. Dia terobos kobaran api yang makin membesar demi menyelamatkan bayinya. Ia terluka. Berdarah-darah. Api membakar tubuhnya. Kepalanya pening. Tertimpa genting dan reruntuhan puing. Tapi ia tidak peduli demi sang buah hati. Sakit tak ia rasakan. Ia terus menerobos mencari-cari. Dia dapati sang bayi. Terkapar dalam luka bakar.
Berburu-buru ia gendong.. Tertatih-tatih. Menerobos keluar dari api yang berkobar. Ia membelai sang anak, dan bergegas mencari pertolongan ke rumah sakit terdekat.

Jibaku sang ibu membuatnya tak secuil pun merasakan pedihnya sakit dan luka. Fokus pada buah hatinya. Cintanya...Anakku..anakku...Itulah yang ada dalam benaknya. Seluruh potensi, kekuatan dan daya upaya pun tertuju padanya.

ketika sang ibu dirawat di rumah sakit, barulah dia merasakan sakit. Dia baru sadar, ternyata tubuhnya penuh luka bakar. Kapan sang ibu merasa sakit? Bukan!Bukan ketika menerobos kobaran api, bersentuhan dengan panasnya api atau ditimpai reruntuhan puing rumahnya. Dia baru merasakan sakit ketika sang anak dalam perawatan rumah sakit. Saat tanggung jawab perawatan dialihkan kepada pihak rumah sakit, dan dia pun sendirian.

Saat memikirkan dirinya sendiri, tubuhnya yang penuh luka, kaki dan tanganya yang penuh darah, ketika itulah, pedihnya mulai dirasa. Kepala, tangan, punggung dan kakinya sudah tidak menentu kondisinya. Sakit yang sedari tadi tertahan itu pun muncul tiba-tiba. Ketika ia mulai memikirkan, dalam kesendirian

sahabatku, kita tidak merasakan sakit ketika kita fokus untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Namun ketika kita memikirkan diri kita sendiri, bersiap-siaplah kita akan lebih banyak merasakan sakit daripada senang dan bahagia.

semoga secuil cerita itu bisa membahasahi hati yang mulai kering


Sumber: SPS Solikhin dan Kang Puji Hartono,S.PS

Tuesday, 21 April 2015

RESEP ES WADAI ATAU ES GABUS

Resep ini makanan kesukaan saya sejak kecil, orang yang jual juga jarang jadi kalo mau mengingat masa kecil bikin sendiri aja ya, berikut cara pembuatannya:)



Bahan:
Tepung hunkwe 130 gr
Gula psir 250 gr
santan 1250 ml
pasta pandan dan garam secukupnya

Cara membuat
Hunkwe, gula, garam, dan santan dicampurkan kemudikan didihkan sampai mengental, kemudian masukkan pasta pandan.
setelah itu tuang ke dalam loyag, dinginkan dan potong-potong beri plastik dan masukkan ke dalam frezeer..




Monday, 13 April 2015

CARA MEMBUAT TEOKBBOKI

Suka dengan kuliner Korea, nah kali ini saya akan share tentang resep Oleh Bunda Novie Danielle dari group ARKME
Resepnya:
RICE CAKE (kue beras lonjong)
180gr tepung beras
90 gr tepung ketan
1/2 sdt garam
170ml air panas
cara buat:
Campur semua bahan, hasilnya memang agak kasar, lalu siapkan kukusan sampai mendidih, cover kukusan dengan serbet bersih dan taruh adonan didalam serbet dan kukus dengan api besar selama 20-25 menit
Angkat adonan dan pindahkan ke meja yg telah dibersihkan
HATI-HATI SANGAT PANAS
Tuang sedikit minyak wijen pada meja/cutting board
ulenin adonan sampai lunak (kurang lebih 5-10 menit)
bagi2 adonan dan bentuk silinder (saya diameter kurang lebih 2cm)
potong adonan kurang lebih 7-8cm sesuai selera
*agar proses motong lebih mudah, campur air dan minyak wijen, dan lumuri pisau sebelum memotong adonan rice cake ya grin emotikon
penyimpanan: bisa di plastik / wadah dan masukan ke freezer
==============================================
TTEOKBOKKI
- kaldu (saya pakai dried bonito, itu loh yg biasa buat topping takoyaki hehehe)
- rice cake
- Gochujang / Red pepper paste (bisa diganti bubuk cabe, kecap asin dan gula)
- gula
- cabe bubuk
- telur rebus
- aneka bakso ikan
- daun bawang
REBUS air kaldu sampai mendidih, masukan rice cake, telur rebus, dan aneka bakso sesuai selera. Tambahkan gochujang, cabe bubuk, dan daun bawang.
Cicipi dan tambahkan gula sesuai selera (jgn kemanisan ya)
Aduk-aduk pelan sampai rice cake mulai menyerap bumbu cabai dan kuah mulai mengental.
Angkat dan sajikan, tambahkan irisan daun bawang bila suka
Selamat menikmati :)

KALDU AYAM HOMEMADE

Kali ini saya akan share tentang cara membuat Kaldu bubuk  ala Ndaru Gendis Shinta
saya repost lagi untuk bisa dibagi untuk Bunda-Bunda sekalian
Nah, untuk Bunda Rissa Aulian dari Pie Bro terimakasih ya, atas resep-resepnya :)

Rasanya jauh lebih enak, lebih nikmat dan tentu lebih aman buat anak-anak. Dibuat dari bahan alami semua. Bahkan anak-anak saya dibuat taburan nasi.
Resep : Kaldu Ayam Bubuk ala Ndaru Gendis Shinta
Bahan :
300 gr dada ayam tanpa tulang
25 siung bawang putih
1/2 butir bawang bombay
1 buah wortel (saya : pakai 2 ukuran kecil)
1 batang daun bawang
1 batang seledri
2 sdm garam (kalau utk bayi bisa di skip saja)
Cara membuat :
1. Haluskan semua bahan di Food Processor (tanpa air) atau dgn blender (beri 1buah tomat)
2. Sangrai untuk menghilangkan kandungan air sambil diaduk
3. Oven sambil sebentar2 diaduk sampai hampir kering
(Saya full di sangrai. No oven, takut gosong)
4. Blender lagi untuk menghaluskan
5. Sangrai lagi hingga kering benar
6. Lakukan tahapan 4 dan 5 berulang kali sampai menemukan kaldu yang lembut dan kering.
7. Masukkan ke wadah kedap udara setelah kaldu dingin.
Siap digunakan.
Hasil : Kurang Lebih 200 gr

Sunday, 12 April 2015

RESEP RAINBOW CAKE DENGAN BAHAN HEMAT

Ok, bunda ini resep rainbow cake dengan bahan 3 telur, kira2 irit ga?
resep ini saya dapatkan dari Bunda Tuty Frutty, beliau menurut saya pakar dalam menyajikan makan dengan bahan yang hemat dengan hasil yang luar biasa, empuk, legit, manis, pokeknya pecah..!
ga percaya, cobain deh resepnya
BAHAN:
Terigu segitiga 1 gelas munjung (artinya penuh banget sampai bentuknya kaya menggunung)
SKM (susu kental manis) putih 1 sct dicampur  dengan air 1/2 gelas
Gula pasir 8 sdm munjung
Sp 1 sdt
Vanili 1 sdt
Telur 3 btr
Margarin 5 sdm cairkan
Pewarna merah,oranye,kuning,hijau
Keju parut 50 gr
Cherry 1 biji


CARA MEMBUAT:
 
-Ayak trgu,maizena n vanili
-mix kcptan tnggi telur,gulpas n sp hngga ngmbang
-trunkan kcptan mix,llu msukan aykan trgu td,brgantian dg su2 cair n margarin cair,mix sbntr sja,llu mtikan,lnjutkan aduk dg spatula hngga rta
-bgi adonan mjd 4 n bri wrna
-olesi loyang dg mnyak
-ku2s satu persatu,slma 7 mnt tiap wrnany
-stlah mtng biarkan dngn dlu
-lalu olesi prmukaan cake dg butter cream,llu tmpuk,tburi atasny dg kju parut n cherry


nah, hasil kue dari Bunda Noer Wahyuni, gimana menurut Bunda?bagus ga? ada yang mau mencoba?



RESEP MIE AYAM SEHAT DAN HALAL

Oke buat kamu, yang hobi masak kumpul disini yuk..

oh ya, leaving comment ya, saat kamu baca resep ini, biar nambah sodara siapa tahu nambah rezki..
sekalian say halo gitu..biar terlihat ada penampakan di blog saya..
ok terimakasih
Hari ini saya akan membagian resep
CARA MEMBUAT MIE AYAM

BAHAN UNTUK MEMBUAT MIE:
terigu 500gr
telur 2 btr
sagu 1 ons
air secukupkannya
CARA MEMBUAT
campur semua bahan menjadi merata diam kan 30 menit giling dimesin cetaknya
 selera mau mie yg kecil atau besar ada ukurannya.
Selain itu dalam adonan bunda juga bisa menambah wortel yang sudah diblender, atau bayam, dan lainnya untuk menghasilkan mie yang sehat.

Bahan:
1.   250 gram mie  yang sudah kita buat tadi
2.   5 utas sawi, petik daunnya, dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera.
3.   5 utas daun bawang, diiris tipis.
4.   Minyak ayam secukupnya (Cara membuatnya adalah goreng 200 gram kulit ayam dengan minyak goreng secukupnya hingga kulit ayam mengeluarkan cairan lemak).
5.   2,5 sendok teh kecap asin.
6.   1,5 liter air kaldu.

Bahan dan bumbu untuk membuat pelengkap:
1.   1 kilogram ayam, dipotong kecil-kecil bentuk dadu.
2.   4 siung bawang putih, dimemarkan, kemudian dicincang hingga lembut.
3.   0,5 siung bawang bombay, dicincang dengan tekstur kasar.
4.   75 gram kucai, diiris tipis.
5.   4 sendok teh saus tiram.
6.   2 sendok teh kecap manis.
7.   400 mililiter air putih.
8.   Garam, lada putih bubuk dan gula pasir secukupnya.
9.   Mentega atau margarin secukupnya untuk menumis.
10.  Jahe seukuran 1 ruas ibu jari, dimemarkan.


Tips:
1.   Bahan yang digunakan pada daftar resep setara untuk 5 porsi. Jadi, setiap bahan yang tidak dimasak, dibagian untuk 5 porsi. Misalnya, kecap manis. Setiap porsi hanya membutuhkan 0,5 sendok teh kecap asin.
2.   Anda bisa mendapatkan mie telur yang biasa digunakan untuk membuat mie ayam di sejumlah pasar swalayan.
3.   Setelah dicuci bersih, balur daging yang sudah dipotong-potong dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.
4.   Saat merebus mie telur, usahakan tetap mendapatkan tekstur mie yang kenyal meskipun sudah matang.
5.   Supaya lebih sedap, gepuk tulang ayam supaya rasanya semakin gurih.


ara membuat mie ayam spesial yang sehat dan halal tapi tetap lezat:
1.   Panaskan mentega atau margarin hingga meleleh untuk menumis.
2.   Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
3.   Masukkan daging ayam, tumis hingga berubah warna.
4.   Tambahkan kucai dan jahe, tumis hingga layu.
5.   Masukkan saus tiram, kecap manis, gula pasir, garam dan lada putih bubuk, tumis hingga tercampur rata.
6.   Tuangkan air putih, masak sambil diaduk sampai daging ayam menjadi empuk dan bumbu meresap, matikan api kompornya.
7.   Panaskan air kaldu hingga mendidih, kecilkan api kompornya.
8.   Rebus air putih secukupnya hingga mendidih.
9.   Masukkan mie telur yang biasa digunakan untuk membuat mie ayam dan daun sawi, masak hingga matang, angkat tiriskan.
10.  Letakkan di mangkuk saji, tambahkan kecap asin, minyak ayam, aduk hingga tercampur rata.
11.  Tambahkan ayam yang tadi sudah dimasak dengan cara ditumis secukupnya.
12.  Siram dengan kuah kaldu yang masi dalam kondisi panas.
13.  Taburkan daun bawang dan bawang merah goreng, mie ayam yang lezat, sehat dan halal siap dihidangkan
Sumber: arehalal dan group resep saya mix bunda, jadi ala-ala, hehe